Selasa, 30 April 2013

Kesalahan dalam Menggunakan Twitter


Pernah bertanya apakah kita sudah ber-twitter dengan benar dan baik ? atau apakah kita menggunakan twitter sesuai interest atau ketertarikan kita ? Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam menggunakan twitter.

1.   Kesalahan pertama adalah tidak mengikuti ketertarikan kita, inti dari twitter adalah mengikuti keingintahuan, atau ketertarikan yang kita miliki, seperti hobi, berita, musik,musisi dan artis idola, selalu follow back orang yang follow kita sebenarnya tidak sepenuhnya benar, karena kembali lagi ke interest kita, apa benar orang yang follow kita itu tweetnya berguna buat kita ? atau sekadar follow back karena dia follow kita, ini perlu jadi pertimbangan.
2.   Kesalahan kedua adalah unfollow user setelah kita di follow back, atau mengulang kembali proses tersebut sampai kita di follow. ini tidak baik, bahkan berkesan menggangu, selalu ikuti interest dan kebutuhan informasi kita, jangan hanya mencari followers semata.
3.   Tidak menggunakan gambar profil picture original yang menggambarkan diri kita, atau tidak ada gambar profile sama sekali, user akan bingung dengan akun seperti ini, dan kemungkinan besar tidak akan follow kita dari kesan pertama ini.
4.   Menggunakan nama yang terkesan bodoh dan tidak berhubungan dengan akun atau informasi yang kita post di twitter, namanya saja sudah aneh, kalau tidak kenal dengan orang sebenarnya pasti user tidak akan follow akun yang aneh.
5.   Tidak ada detail info atau deskripsi tentang akun kita di profile bio, ini penting untuk jadi info singkat tentang siapa kita dan apa interest kita, kesamaan interest dan hal lainnya bisa memicu orang untuk saling follow satu sama lain.
6.   Tidak menggunakan fasilitas list, walaupun sepertinya masih jarang digunakan, tapi penggunaan list sangat baik apabila kita sudah banyak follow orang dan sudah memiliki banyak followers, list dapat filterisasi atau grouping tweets yang mana yang lebih prioritas untuk kita baca dan mana yang tidak terlalu penting.
7.   Tidak menggunakan @reply untuk memulai interaksi dengan user akun lain. Ini penting untuk memulai interaksi, karena dengan mentions nama user akun tertentu. User tersebut otomatis akan menerima notifikasi dan kemungkinannya lebih besar untuk user tersebut follow akun kamu.
8.   Tidak pernah mengecek @reply atau direct message. Ini juga penting untuk melihat pesan tertuju kepada akun kita atau mention orang mengenai kita, ini juga akan memperbesar interaksi kita dengan pengguna twitter lainnya.
9.   Posting tweet atau retweet tanpa melihat atau membaca teliti tweets tersebut. Ini bisa membuat kita terlihat bodoh apabila tweets itu ternyata memiliki pesan yg lain dan berefek negatif. hati-hati dalam menggunakan twitter.
10.    Hanya posting tweet berupa teks saja tanpa link, gambar atau video, poin ini bukannya meyalahkan posting teks murni, tapi hanya menyarankan untuk lebih meramaikan tweet kamu dengan link, gambar atau video, ini dapat meningkatkan kesempatan dalam interaksi lebih jauh dengan user lainnya, dan memulai pembicaraan yang lebih menarik. Guide dan poin-poin diatas diperuntukkan untuk user personal yang menggunakan akun twitter untuk kepentingan pribadi atau profesional, dan bukan untuk brand besar atau akun yang mewakili perusahaan atau organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar